Formulasi Ransum Unggas dengan Excel Solver

Biaya pakan merupakan komponen terbesar dalam suatu usaha produksi ternak, karena 60-80% dari biaya produksi berasal dari pakan. Pakan komersial yang biasa digunakan peternak sangat tinggi harganya. Penggunaan pakan yang mahal dapat menyebabkan peternak mengalami kerugian. Untuk mengatasi tingginya harga pakan komersial tersebut, peternak dituntut untuk dapat membuat pakan sendiri dari bahan-bahan pakan yang tersedia dan harga yang relatif lebih murah.

Untuk dapat membuat pakan sendiri, peternak harus dapat memformulasikan ransum, yaitu menghitung berapa proporsi masing-masing bahan pakan dengan kandungan nutrien yang sesuai dengan kebutuhan ternak. Ransum unggas yang baik harus dapat memenuhi kebutuhan energi, protein, mineral, asam amino serta nutrien lainnya, disamping itu harus harganya harus relatif murah.

Salah satu metode dalam formulasi ransum yang yang menghasilkan ransum yang harganya murah dengan nutriennya seimbang  (balance least cost ration) adalah dengan metode Linear Programming (LP). Cara sederhana dalam menerapkan LP dalam formulasi ransum adalah dengan memanfaatkan program Excel Solver. [igp]


Leave a Reply